Tips dan Trik Cari Lowongan Kerja Online

Mencari pekerjaan kini bisa dilakukan baik secara offline maupun online. Secara offline, kita bisa melihat info lowongan pekerjaan yang ada di surat kabar ataupun papan pengumuman yang biasa terdapat di kantor pos. Selain itu, kita juga bisa mengikuti jobfair yang biasa diadakan tiap beberapa bulan sekali. Cari lowongan kerja online juga bisa dilakukan. Bahkan, lowongan kerja online ini lebih banyak dicari daripada lowongan kerja offline. Terutama karena lowongan kerja online dapat lebih menghemat biaya, waktu serta tenaga. Lowongan kerja secara online bisa didapatkan di situs website khusus lowongan kerja seperti Jobstreet dan lain-lain. Kita jusa bisa mencarinya di situs resmi perusahaan yang tengah membuka lowongan.

 

Dalam mendaftar pekerjaan secara online, penting untuk memperhatikan company profile dari perusahaan tersebut agar kita tidak tertipu dengan perusahaan fiktif. Cari lowongan kerja online yang mudah dilakukan juga semakin memudahkan para penipu dalam membangun perusahaan fiktif guna menjaring pelamar kerja. Kita harus bisa membedakan mana perusahaan asli dan mana perusahaan fiktif. Pastikan untuk selalu tahu profil perusahaan yang kita lamar, alamat, nomor kontak serta bergerak di bidang apa. Kita juga bisa bertukar informasi dengan pelamar kerja lain seperti teman-teman yang sama-sama sedang cari pekerjaan. Yang pasti, proses pendaftaran kerja tidak akan dipungut biaya sepeserpun mulai dari tahap pertama hingga tahap terakhir.

 

Penting juga untuk menyiapkan aneka dokumen yang dibutuhkan dalam proses melamar pekerjaan. Termasuk di antaranya adalah pas foto, KTP, ijazah, transkrip nilai, sertifikasi bahasa asing, akta kelahiran, surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba dan SKCK. Beberapa dokumen di atas ini perlu untuk diperbarui secara berkala. Terutama adalah SKCK, surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba serta sertifikasi bahasa asing. Penting untuk memahami kapan masa berlaku dokumen ini. Begitu mendekati habisnya masa berlaku, segera buat dokumen yang baru untuk menggantikan yang lama. Demikian adalah beberapa tips dan trik terkait cari lowongan kerja online yang bisa kita terapkan. Semoga bermanfaat.