software akuntansi untuk organisasi nirlaba

 

software akuntansi untuk organisasi nirlabasoftware akuntansi untuk organisasi nirlaba, apa itu nirlaba? nirlaba merupakan sebuah organisasi non profit yang memiliki sistem yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal di dalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak komersil, tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba (moneter) lebih mengedepankan  sosial, kesejahteraan masyarakat atau lingkungan.

Dibawah ini ada beberapa contoh organisasi nirlaba diantaranya:

  1. Organisasi NGO/LSM (lembaga swadaya Masyarakat)/CSO
  2. Diebntuknya sebuah perkumpulan baik dari intansi formal maupun non formal
  3. Pendirian Nirlaba oleh sebuah Yayasan yang sudah memiliki wewenang yang dipercaya oleh masyarakat
  4. Pendirian oleh Ormas, Paguyuban, lembaga pendidikan (mulai dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini sampai dengan Perguruan tinggi), sampai kalangan peduli untuk kesejahteraan masyarakat seperti panti asuhan.

Organisasi diatas sangat berantusias mendirikan sebuah organisasi dengan tujuan tidak mencari keuntungan individu, mereka ingin mewujudkan kesejahteraan bangsa dengan memberdayakan dan mengembangkan ekonomi masyarakat. Dibawah ini ada hal manfaat dibentuknya sebuah software akuntansi  untuk organisasi nirlaba yaitu:

  1. Dibuatnya Akses Ngo.xlx menjadi software akuntansi sederhana untuk membantu mengefektifkan laporan keuangan khususnya disebuah organisasi.

Software ini terdiri dari:

  1. modul input (memiliki 3 sheet) yakni: Sheet Jurnal Pemasukan (catatan transaksi penerimaan uang yang masuk ke rekening bank, cukup ditulis satu baris dalam buku kas di bank; sheet jurnal Pengeluaran (catatan transaksi keluarnya uang dari rekening bank seperti pembayaran hutang atau pemenuhan kebutuhan); Sheet Jurnal no kas ( catatan transaksi akuntansi yang tidak memiliki aliran uang dari rekening bank, biasanya orang kenal dengan sebutan Debit dan kredit.
  2. Selain input, akses Ngo.xlsx ini menggunakan modul out put,yaitu: Sheet laporan posisi keuangan (jumlah harta atau ast, hutang dan lain-lain), sheet laporan aktivitas (jumlah penerimaan pada suatu periode), dan sheet Anggaran Versus Realisasi (jumlah biaya realnya).
  3. Dalam menyusun laporan keuangan yang harus sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi keuangan no.45 (PSAK-45) maka dibuatlah format laporan keuangan organisasi nirlaba di Indonesia pada tahun 2000 diterbitkan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia). Dari sini maka banyak programmer yang membuat software untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya, kita bias menggunakan software akuntansi Indonesia yang lebih produktif dalam mengembangkan software buatan Negara sendiri.