Sistem Absensi Karyawan di Kantor

Mesin absensi karyawan menjadi mesin pengecekan kedisiplinan yang banyak digunakan di era modern ini. Di kantor, kehadiran karyawan menjadi salah satu penentu gaji yang mereka dapatkan pada awal bulan. Jika sistem absensi tidak dikelola dengan baik, perusahaan bisa saja merugi karena berbagai macam keteledoran dan kecurangan. Untuk mencegah hal ini, perusahaan mulai menggunakan sistem absensi karyawan dengan menggunakan mesin. Banyak sekali mesin absensi yang tersedia di pasaran, mulai dari mesin yang manual, mesin modern dengan menggunakan sensor, dan masih banyak beberapa yang lainnya. Untuk Anda yang penasaran, simak beberapa mesin absensi yang akan dijelaskan berikut ini.

Jenis-Jenis Sistem Absensi Karyawan dengan Menggunakan Mesin

Sistem absensi karyawan yang pertama adalah menggunakan mesin absen kartu manual. Cara kerjanya sangat mudah. Setiap karyawan akan dibekali dengan kartu absensi masing-masing. Kartu ini tinggal dimasukkan ke dalam celah mesin dan pada kartu nantinya akan tercetak tanggal dan jam masuk. Bagi pegawai yang telat atau tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan, mesin secara otomatis akan memberikan tinta dengan warna yang berbeda. Kelebihan mesin absensi yang satu ini adalah konsumsi listrik sangat rendah, pemasangannya mudah, dan harganya pun sangat murah.

Pada umumnya, mesin ini dilengkapi dengan baterai cadangan yang akan membuat mesin masih tetap menyala meskipun arus listrik mati. Kekurangan mesin ini adalah kapasitas pengguna terbatas dan tidak ramah lingkungan karena menggunakan banyak kertas dan tinta.

Sistem absensi karyawan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kartu digital. Ada banyak kartu digital yang bisa digunakan, yaitu memakai pita magnetik, memakai kartu mifare, kartu proximity, atau kartu barcode. Mesin absensi semacam ini lebih efektif karena prosesnya sangat cepat. Mesin juga bisa langsung terhubung dengan komputer. Kapasitas kartu digital sangat banyak, yaitu mencapai 10.000 buah. Setiap rekam absensi bisa dibaca dan diolah dengan mudah. Satu kelebihan utama mesin absensi yang satu ini adalah harganya murah. Setiap karyawan harus menjaga kartunya masing-masing agar kebutuhan absen bisa berjalan dengan baik.

Sistem absensi karyawan yang selanjutnya adalah menggunakan kata sandi. Cara kerja mesin absensi yang satu ini adalah dengan memasukkan nomor anggota dan sandi untuk kemudian diidentifikasi. Keuntungan mesin absen yang satu ini adalah tidak perlu menggunakan kartu sehingga mencegah terjadinya kasus pekerja tidak dapat absen karena lupa membawa kartu. Sistem absensi ini juga bisa langsung terhubung dengan komputer.

Mesin absensi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sensor biometrik. Yang dimaksud dengan sensor biometrik adalah sensor menggunakan ciri-ciri biologis tubuh yang unik dan tidak akan berubah, yaitu sidik jari, iris, dan lain sebagainya. Kelebihan mesin absensi yang satu ini adalah lebih akurat dan tidak mudah dicurangi. Setiap anggota yang tidak masuk tidak bisa “titip absen”. Sensor hanya bisa berjalan dengan ciri-ciri biologis tubuh yang unik. Selain itu, sistem absensi yang satu ini juga lebih praktis dan lebih cepat pengoperasiaannya.

Demikian adalah beberapa jenis mesin absensi karyawan yang modern. Sistem absensi karyawan yang lebih modern ini tentu bisa lebih memudahkan kerja Anda. Dari beberapa jenis mesin absensi yang telah dijelaskan di atas, mesin absen dengan menggunakan kartu memiliki harga yang paling murah. Mesin modern menggunakan sensor biometrik tentu lebih mahal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.