Pernah Masuk Keajaiban Dunia, Inilah Masjid Taj Mahal India

Siapa yg tidak kenal dengan Taj Mahal? di buku buku atlas dunia untuk sekolah sekolah di tanah air masihlah mencantumkan 7 keajaiban dunia yang salah nya ialah Taj Mahal di Agra – India. Bangunan megah ini adalah warisan Sultan Shah Jahan dari dinasti Islam Mughal sebagai bentuk cintanya yang demikian mendalam pada istinya terkasih Mumtaz Mahal, di bangun pada th. 1631-1648. Namun jangan pernah terkecoh dengan memiliki bentuk yang seperti masjid. Taj Mahal tidaklah satu masjid, namun satu mausoleum dengan kata lain bangunan makam. Ya bangunan makam untuk almarhum Mumtaz Mahal istri dari Shah Jehan.

Taj Mahal adalah satu komplek yang demikian luas terbagi dalam bangunan Taj Mahal, satu istana peristirahatan (Jawab) kesultanan Mughal disamping timur, serta satu masjid Megah di samping barat. Komplek ini dapat diperlengkapi dengan pelataran serta taman yang demikian indah. Ketiga bangunan itu di bangun dengan cara simetris di tempat yang bersebelahan satu dengan yang lain nya. Bangunan Masjid serta bangunan istana peristirahatan di komplek Taj Mahal adalah dua bangunan kembar yang begitu sama keduanya. Begitu susah membedakan ke-2 bangunan ini dari luar.

Memanglah cukup menarik untuk menyimak serta nikmati masjid masjid peninggalan dinasti Mughal. Masjid yang penuh dengan keindahan, karya seni yang tinggi, di bangun dalam satu kecermatan yang mengagumkan serta jadi warisan mahakarya seni Islam yang pantas dibanggakan dari masa ke-emasan Islam di anak benua India.

Histori masjid Taj Mahal

Masjid Taj Mahal di bangun th. 1632-1652. Satu mega proyek pada jamannya dengan mempekerjakan beberapa ribu pekerja bangunan serta pekerja seni mengatasi pembuatan kaligrafi ayat ayat suci Al-Qur’an, Asma Allah sampai ukiran ornament ornamen islami yang hiasi nyaris keseluruhnya bangunan masjid ini. Masjid Taj mahal didesain oleh Isa Muhammed yang memegang fungsi utama dalam keseluruhnya rancang bangun masjid ini, kubah masjid modern.

Pembanangunan masjid ini nyaris berbarengan dengan pembangunan Maosoleum Taj Mahal. Ratu Mumtaz Mahal meninggal dunia pada th. 1631, jenazahnya pernah sesaat saat dimakamkan di areal sekitaran segi barat tembok Taj Mahal yang saat ini ditandai dengan batu pualam yang sedikit ditinggikan seukuran makam, serta di th. 1631 itu juga kompleks Taj Mahal ini mulai di bangun, baru setelah keseluruhnya bangunan Taj Mahal usai di th. 1648 jenazahnya dipindahkan kedalam Taj Mahal.

Pada th. 1983 Masjid Taj Mahal masuk dalam website warisan histori dunia Unesco, populer dengan sebutan sebagai ‘permata seni islam di India, serta satu diantara mahakarya universal warisan dunia”.