Pengertian dan Doa Setelah Wudhu

Sebelum memahami maksud dari doa setelah wudhu, tentunya Anda harus tahu apa yang dimaksud dengan wudhu. Wudhu artinya adalah indah dan bersih. Tapi berdasarkan syariah islam, wudhu mengandung pengertian menggunakan air untuk anggota badan tertentu dan cara tertentu dimulai dengan niat agar hadast kecil bisa menghilang. Seperti yang diketahui bahwa wudhu dalah syarat sah sholat atau syarat orang yang akan melaksanakan sholat. Dimana mereka diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum memulai ibadah wajib tersebut. Tanpa wudhu, maka sholat yang dilakukan tidak akan sah. Pada dasarnya, doa wudhu adalah niat yang isinya bahwa dia yang hendak sholat berniat untuk wudhu untuk menghilangkan hardast kecil hanya karena Alla Ta’ala. Dalam melakukan wudhu, Anda harus memahami hal-hal apa saja yang bisa membatalkan wudhu.

Hal pertama yang bisa membatalkan wudhu yang sudah Anda lakukan adalah mengeluarkan suatu zat pada dubur (anus) atau qubul (kemaluan) seperti buang air besar, buang air kecil, kentut atau buang angin dan lain sebagainya. Selain itu, hal-hal yang bisa membuat wudhu batal adalah kehilangan kesadaran karena kesurupan, ayan, pingsan, mabuk, gila dan lain sebagainya. Tidak sadarkan diri juga termasuk dengan tidur yang sangat nyenyak sampai Anda tidak sadarkan diri. Tapi tidur mikro sambil duduk tapi tidak berubah kedudukannya diperbolekan. Dengan mengetahui hal-hal penting yang membatalkan wudhu, barulah Anda bisa menjaga wudhu dengan baik. Pada dasarnya, doa setelah wudhu sangatlah mudah.

Perlu diketahui bahwa dalam syariat adapula Sunat Wudhu yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan wudhu. Beberapa diantaranya adalah membaca basamalah, membasuh seluruh kepala, membasuh telapak tangan hingga pergelangan tangan, menyela jari kaki dan tangan, mendahulukan anggota wudhu bagian kanan daripada kiri, membasuh anggota wudhu, tidak berkata-kata ketika berwudhu, berkumur tiga kali, menghadap kiblat dan bersiwak. Melaksanakan sunah wudhu tersebut, insyaAllah Anda akan mendapatkan pahal karena niat yang tulus kepada Allah SWT. Kini, Anda sudah memahami pengertian dan doa setelah wudhu bukan? Karena pada dasarnya, umat muslim melakukan ibadah hanya karena ingin mendapatkan ridho dari Allah SWT.