Panduan Menghemat Baterai Kamera

Sekarang ini memphoto jadi satu diantara kesibukan yang umum dikerjakan sebagai hoby, hingga tidak terus-terusan dikerjakan oleh kelompok profesional.

Sudah pasti, semuanya fotografer–baik profesional, hobbyst, ataupun amatir–akan sepakat kalau kehabisan baterai waktu memphoto jadi peristiwa yang paling ditakutkan.

Memanglah senantiasa membawa baterai cadangan mungkin saja satu diantara pemecahannya, namun sesungguhnya ada cara-cara gampang serta umum dikerjakan untuk dapat menghemat baterai waktu memphoto. Ingin tahu langkahnya? Simak artikel di bawah ini, Dealer Pulsa.

1. Matikan feature Wireless

Kamera DSLR serta mirrorless sekarang ini umumnya telah diperlengkapi dengan feature wireless seperti GPS, WiFi, Bluetooth sampai NFC. Seperti di laptop, smartphone, atau tablet, feature ini memanglah cukup kuras kemampuan baterai.

Jadi, yakinkan feature ini tidak diaktifkan bila memanglah tak dipakai. Bila kamera sediakan modus Airplane, pilihan ini dapat segera diambil untuk menonaktifkan semuanya feature Wireless itu.

2. Matikan feature Stabilisasi

Feature yang satu ini di kamera memanglah seperti pedang bermata dua. Di satu segi, feature stabilisasi begitu menolong untuk meyakinkan hasil bidikan tetaplah tajam serta terlepas dari blur terlebih waktu Anda memakai lensa dengan zoom panjang misalnya 70-200mm. Namun, di segi lain feature ini sangat menyedot baterai.

Untuk tersebut Anda dapat mematikan pilihan ini bila tengah memphoto dengan lensa wide, zoom pendek atau lensa fix. Bila Anda tengah memakai lensa zoom, feature ini dapat dimatikan serta Anda dapat menempatkan lensa ke tripod atau monopod supaya lebih stabil.

3. Matikan feature pembersih sensor otomatis

Biasanya semuanya pemakai kamera bakal membiarkan feature ini aktif untuk bersihkan sensor waktu kamera dimatikan. Nah, coba sesekali untuk menonaktifkan feature ini serta Anda dapat rasakan pemakaian baterai bakal sedikit lebih irit.

4. Matikan LCD Image-Review/Playback

Pilihan yang satu ini mungkin saja saja yang paling tidak sering dilirik oleh beberapa pemakai kamera. Tetapi, mengatur durasi kamera untuk menghadirkan hasil photo di monitor kenyataannya dapat juga menghemat baterai. Bila memanglah tak dibutuhkan pilihan ini dapat dimatikan. Tetapi bila diperlukan susunlah durasinya secepat mungkin saja misalnya 1 atau 2 detik saja cukup.

5. Turunkan tingkat gelap jelas monitor

Turunkan tingkat gelap jelas monitor juga dapat dibuktikan dapat menghemat pemakaian baterai. Anda dapat turunkan tingkat gelap jelas ke tingkat -3 atau -5.

Dengan tingkat gelap jelas monitor yang lebih rendah Anda mungkin saja bakal kesusahan lihat apakah hasil photo sudah di ambil dengan eksposur yang pas. Oleh karenanya, feature Histogram bakal begitu menolong waktu pilihan ini diambil.

6. Matikan kamera waktu tak digunakan

Waktu memphoto tanpa ada diakui kita kerap membiarkan kamera selalu aktif walaupun tak dipakai. Gantilah rutinitas itu serta Anda dapat menghemat pemakaian baterai. Bila di kamera sudah sediakan feature Eco atau power saving, feature ini sudah pasti bakal begitu menolong.

7. Cermati performa baterai, ubah baterai baru bila dibutuhkan

Bersamaan dengan pemakaian, performa baterai memanglah bakal alami penurunan. Sebagai pemakai Anda juga harus memerhatikan performa baterai yang Anda pakai keseharian. Bila persentase baterai kerapkali drop dengan cara mendadak, mungkin saja telah waktunya Anda menyisihkan sedikit dana untuk beli baterai baru. Bahkan juga untuk memudahkan pemakai, kamera saat ini juga sediakan feature batterai health/lifespan mtr. yang dapat dipakai untuk memperoleh info performa baterai kamera dengan lebih gampang.