Nuansa Bali di Pantai Ngobaran Gunungkidul

dikutip dari Jogja.Space media promosi jogja, Gunungkidul termasuk kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang tidak henti-hentinya selalu menawarkan wisata alam yang memukau. Mulai dari Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, Pantai Wediombo, Pantai Drini dan masih banyak lagi. Semua pantai Gunungkidul selalu menawarkan kuinikan alam antara wisata satu dengan yang lainnya. Dan untuk Pantai Ngobaran ini, sudah terkenal dengan ciri khasnya suasana Bali. Ketika sampai di pantai ngobaran, kita akan disambut dengan gapura dan patung khas bali.

Gapura Masuk Pantai Ngobaran

Memang perlu diakui jika Pantai Ngobaran Jogja memiliki sejuta pesona dan menjadikannya eksotik. Pantai ini memberika pemandangan yang tidak kalah dengan yang lain. Jika anda berkunjung ketika air sedang surut maka anda bisa melihat rumput laut yang meghiasi setiap batukarang pada pesisir Pantai. Selain alamya yang eksotis, Pantai Ngobaran juga menawarkan budaya yang ada ditempat tersebut dengan adanya bangunan kepercayaan pada pinggiran Pantai. Kepercayaan yang pertama adalah kepercayaan “Kejawan”. Kejawan diambil dari nama salah satu anak lelaki Brawijaya V. Brawijaya V merupakan salah satu keturunan raja Majapahit yang sempat mengunjungi daerah ini, sehingga salah seorang yang mengaku dirinya sebagai keturunan Brawijaya V akhirnya membangun tempat ini.

Selain itu pada Pantai Ngobaran Jogja juga terdapat kepercayaan “Kejawen”. Kepercayaan ini berbeda dengan “Kejawan”. Walaupun cara ibadahnya hampir sama, namun kepercayaan ini diakui masyarakat setempat berbeda dengan “Kejawan”. Selain itu tempat ini juga memiliki tempat peribadatan umat Hindu, yaitu pura. Tidak ada penjelasan mengenai kapan terbentuk dan terbangunnya pura ini. sedangkan ditempat yang tidak jauh, juga terdapat masjid. Jika pada umumnya masjid menghadap ke arah Barat, maka lain halnya dengan masjid yang berada di Pantai Ngobaran yang menghadap ke arah selatan. Untuk menunjukkan arah kiblat yang benar, maka masyarakat setempat memberi tanda pada tembok dengan menggunakan pensil berwarna merah.

Agar setiap tempat wisata tetap terjaga, maka jagalah sikap anda dan jangan membuang sampah sembarangan agar keindahan Pantai tetap terjaga. Dengan menjaga kebersihannya maka secara otomatis anda juga mejaga keindahan Pantai yang ada dan melestarikannya, sehingga anak cucu kita nanti masih bisa melihat keindahan alam di Indonesia.