Mengetahui Tugas HRD Pada Sebuah Perusahaan

Ketika anda mencari pekerjaan pada departemen sumber daya manusia di suatu perusahaan, maka anda akan menjumpai bagian HRD. HRD ini berperan penting pada perusahaan, untuk itu anda perlu mengetahui tentang deskripsi pekerjaan, tugas dan tanggung jawabnya dalam sebuah perusahaan.

Seperti di ketahui bersama bahwa SDM merupakan asset dari sebuah perusahaan, karena merekalah yang dapat membuat perusahaan berjalan sebagaimana mestinya. HRD sendiri merupakan salah satu dari berbagai fungsi yang terdapat pada perusahaan yang mempunyai wewenang penting untuk mengelola SDM bagi perusahaan. Saat anda menjadi bagian dari personil HRD maka pada dasarnya anda akan berurusan dengan kebijakan serta strategy yang harus di ikuti oleh perusahaan demi kesejahteraan karyawannya.

Mengetahui Tugas HRD Pada Sebuah Perusahaan

Mengetahui Tugas HRD Pada Sebuah Perusahaan

Untuk mengetahui apa saja tugas HRD pada perusahaan, berikut tugas HRD yang perlu anda ketahui :

  • Membuat Kebijakan
    Pada setiap perusahaan harus mengikuti kebijakan tertentu dan HRD ini yang harus merumuskan kebijakan tersebut. Bagian ini menjadi fungsi HRD yang paling penting. Semua kebijakan tentunya harus di susun dengan mempertimbangkan tujuan perusahaan.
  • Perubahan dalam manajemen
    Perusahaan mungkin saja akan mengalami perubahan manajemen dan tidak semua perubahan tersebut terasa menyenangkan. Ada sebagian karyawan yang merasa sesulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Personil HRD berperan penting dalam perubahan manajemen dengan menerapkan perubahan tersebut agar terlaksana dengan baik.
  • Rekruitmen dan Seleksi
    Bertanggung jawab merekrut staf yang di butuhkan oleh perusahaan. HRD mempunyai tugas untuk memilih calon karyawan yang tepat guna dapat dipekerjakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Data Karyawan
    HRD juga mempunyai tugas untuk mencatat rincian dari karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan. Setiap karyawan memilki file sendiri dan hal tersebut bersifat pribadi dan rahasia. Gunakan software seperti Sleekr HR atau sunfish hr dalam mendata karyawan, karena dengan software HR, semua management karyawan anda akan rapih, mulai dari pendataan cuti hingga slip gaji karyawan.
  • Penilaian Kerja
    Mempunyai tanggung jawab untuk memberikan ulasan kinerja tahunan dan memberikan penilaian terhadap karyawannya. Karena untuk kenaikan gaji hal ini cukup berpengaruh.
  • Disiplin
    Merupakan tanggung jawab HR untuk mengatur tindakan disipliner pada karyawan yang melakukan kesalahan baik karyawan yang tidak mengikuti peraturan perusahaan atau menolak mengikuti kebijakan perusahaan.