Mengenal 4 Penyebab Tifus dan 5 Cara Pencegahannya

Tifus merupakan jenis penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri yang ada pada makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit tifus biasanya menyerang siapa saja baik balita, anak-anak hingga dewasa. Tifus adalah penyakit menular yang banyak terjadi di negara-negara berkembang. Penyakit tifus umumnya terjadi pada 1-3 minggu setelah tubuh terkena infeksi dengan mengalami gejala-gejala seperti demam tinggi, diare, sakit kepala, sakit perut dan lain sebagainya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang berkembang akibat lingkungan yang kurang baik dan makanan serta minuman yang kotor. Secara keseluruhan penyebab tifus yaitu:

Penyebab Sakit Tifus yang Harus Anda Waspadai

Mengenal 4 Penyebab Tifus dan 5 Cara Pencegahannya

  1. Mengonsumsi seafood dari air yang tercampur dengan urin dan tinja yang terinfeksi.
  2. Mengonsumsi sayuran yang tumbuh dari pupuk kotoran manusia yang telah terinfeksi.
  3. Mengonsumsi susu yang terkontaminasi.
  4. Menggunakan toilet yang terdapat banyak bakteri, sehingga apabila Anda menyentuh mulut dengan tangan yang belum dicuci maka akan terinfeksi.

Jika Anda telah mengetahui penyebab penyakit tifus, maka alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui pencegahannya. Berikut beberapa cara untuk mencegah penyakit tifus adalah:

Berikut Cara Mencegah Gejala Sakit Tifus Yang Ampuh

  1. Hindarilah menggunakan air yang tergenang yang kotor karena di dalamnya terdapat bakteri yang dapat menimbulkan penyakit tifus. Karena salah satu penyebab terjadinya penyakit tifus juga berada dari air yang kotor.
  2. Telitilah terhadap makanan yang akan dikonsumsi, karena makanan yang basi akan menimbulkan penyakit tifus. jika membeli makanan perhatikan proses pembuatannya dan penyajiannya.
  3. Konsumsilah sayur-sayuran yang telah dicuci dengan bersih menggunakan sabun antibakteri.
  4. Jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan menggunakan air hangat dan sabun sebelum dan setelah makan.
  5. Lakukanlah olahraga secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena virus tifus akan lebih mudah masuk dalam tubuh ketika daya tahan tubuh menurun. 

 

Penyebab tifus bisa berasal dari mana saja terutama dari lingkungan tempat tinggal yang kurang bersih. Untuk itu jagalah diri Anda dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan sabun Lifebuoy. Karena sabun Lifebuoy telah terbukti ampuh membunuh bakteri dan kuman penyakit.