Mencegah esteoporosis dengan berolahraga secara teratur

Mencegah esteoporosis dengan berolahraga sangatlah diaunjurkan bagi setiap orang karena setelah masa menapouse atau pada usia lanjut kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Osteoporosis adalah kondisi tulang dimana kepadatan tulang mulai menurun yang mengakibatkan tulang keropos, mudah patah ataupun retak. Osteoporosis yang diderita oleh seseorang dapat terjadi karena kebiasaan buruk masa lalunya yang kurang memperhatikan kesehatan kurangnya konsumsi makanan yang mengandung kalsium, meokok, minum minuman beralkohol, serta kurang berolahraga menjadi penyebab utamanya.

Osteoporosis

Osteoporosis juga terkenal dengan sebutan silent killer atau pembunuh tersembunyi, karena apabila osteoporosis tidak segera diobati akan mengakibatkan kematian. Walaupun demikian kehadiran dari penyakit osteoporosis ini dapat diantisipasi dengan cara berolahraga.
Bagaimana mencegah esteoporosis dengan berolahraga dan olahraga apa sajakah yang dapat mencegah terjadinya osteoporasis? jawabannya adalah hampir semua jenis olahraga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya osteoporosis, pilih saja olahraga yang anda suka seperti aerobik, lari ( jogging ), berenang, bersepeda dan lain-lain. Tetapi ada beberapa olahraga yang disarankan para ahli, yaitu :

1.Senam osteoporosis
Olahraga untuk mencegah osteoporosis adalah senam osteoporosis. Senam ini khusus di desain untuk mencegah sekaligus mengobati terjadinya osteoporosis. Dalam senam ini terdapat gerakan yang digunakan untuk kesehatan tulang seperti pembebanan, gerakan dinamis dan ritmis dan enduransi ( daya tahan ). Biasanya senam ini diadakan di rumah sakit-rumah sakit sebagai upaya pencegahan dan terapi osteoporosis.

2.Senam erobik
Senam yang juga sangat disukai oleh ibu-ibu ini memang dapat digunakan untuk memadatkan tulang dan pencegahan penyakit osteoporosis. Tetapi syaratnya adalah senam ini dilakukan secara rutin. Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa osteoporosis dapat disembuhkan atau diobati dengan latihan senam erobik selama 3 bulan secara rutin.

3.Latihan beban
Karena Latihan dengan menggunakan beban dapat menambah densitas tulang sehingga tulang akan lebih memadat.

4.Jalan cepat
Ada yang mengatakan osteoporosis dapat dicegah dengan berjalan 1000 langkah per hari. Ini memang benar karena dengan berjalan minimal 1000 langkah per hari yang berguna untuk memperoleh kepadatan massa tulang yng lebih di daerah panggul dan paha.

Mencegah osteoporosis dengan berolahraga merupakan cara yang paling mudah dan murah bila dibandingkan dengan cara-cara yang lain. Berolahraga lah mulai dari sekarang agar esteoporosis tidak datang pada masa tua anda.
Selain untuk mencegah osteoporosis, berolahraga tentunya bermanfaat untuk kesehatan, berolahragalah secara teratur dan dibarengi dengan konsumsi minuman yang sehat seperti air putih dan madu, belilah madu di toko madu asli dikota anda agar terhindar dari madu palsu. Demikian semoga bermanfaat.
Sumber : http://griyamadu.com/