Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Gormanfamilytree.com – Dibalik aromanya yang khas, ternyata buah mengkudu memiliki banyak manfaat alami bagi kesehatan. buah mengkudu merupakan buah berasal dari Asia Tenggara yang memiliki bentuk lonjong serta berbintik pada permukaan kulitnya. Meskipun memiliki aroma bau yang tak sedap, namun buah yang satu ini mengandung zat kimia aktif yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Dalam sebuah studi penelitian mengenai buah mengkudu untuk kanker, ternyata menunjukan keamanan serta potensi dampak pada tumor beserta gejalanya. Dalam sebuah penelitian lainnya, kandungan antioksidan pada buah mengkudu mampu merangsang sistem imun atau kekebalan tubuh dan bersifat dapat melawan sel tumor. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buah mengkudu, menjamin penelitian lebih lanjut pada kondisi kanker serta penyakit kardiovaskular.

Beberapa kandungan zat alami pada buah mengkudu sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti :

  • Kandungan nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral yang penting dapat di peroleh dari buah mengkudu. Kandungan selenium pada buah yang satu ini bersifat antioksidan yang bagus.
  • Zat terpenoid berperan untuk membantu proses sisntesis organic yang bermanfaat untuk pemulihan sel-sel tubuh.
  • Kandungan zat anti bakteri seperti bacillus subtilis, pseudomonas aeruginosa, staphylococcus, dan escherichia coli berfungsi untuk membasmi bakteri penyebab timbulnya infeksi. Tidak hanya itu, kandungan pada buah mengkudu juga berfungsi untuk mengontrol bakteri yang mematikan seperti pathogen.
  • Mengkudu mengandung zat anti kanker yang berperan penting untuk melawan sel sel abnormal yang merupakan pemyebab timbulnya gejala kanker.
  • Kandungan scolopetin merupakan senyawa yang berfungsi untuk mengusir serta melawan peradangan sekaligus alergi.

Kandungan zat lainnya yang terdapat pada buah mengkudu yaitu serat, asam kapri, asetil, zat iridoid, zat bioaktif, xeronine, morindonr serta proxeronine sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh yang telah kami rangkum dari situs http://cara-sehat.id, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Musim panca robah seperti sekarang ini, tentu saja tubuh membutuhkan perlindungan yang ektra. Kandunga seperti asam amino, peptida, enzim, vitamin serta mineral lengkap dapat di peroleh dari buah mengkudu yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah mengkudu secara rutin mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Hal ini karena, buah mengkudu kaya akan kandungan antioksidan alami seperti (vitamin E dan koenzim Q10).

  1. Analgesik

Buah mengkudu bersifat analgesik atau penghilang rasa sakit. Selain buah mengkudu, daun dari buah yang satu ini bermanfaat untuk meredam sakit kepala. Konon katanya, sejak zaman dulu daun buah mengkudu di manfaat sebagai obat alami untuk meredakan rasa nyeri sendi. Buah mengkudu mengandung zat analgesik sebanyak 75% yang bersifat untuk mengurangi nyeri pada sendi.

  1. Sebagai Anti Kanker

kanker merupakan penyakit yang paling mematikan kedua di dunia, maka dari itu mencegah lebih baik dari pada mengobati. Konsumsi jus mengkudu dapat mencegah terjadinya kerusakan DNA dan kanker sekaligus menjaga kesehatan sel sel sehat di dalam tubuh.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Buah mengkudu juga bermanfaat sebagai pengontrol sekaligus menormalkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini di karenakan, adanya kandungan yang bernama zat fitonutrien berguna untuk melebarkan pembuluh darah.

Demikianlah, informasi sederhana mengenai Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.