Definisi Mesin Absen Biometric

Definisi Mesin Absen Biometric – Perkembangan teknologi memang sudah sangat maju sekali. Hal ini ditAndai dari banyaknya perubahan cara kerja yang tradisional yang berganti dengan cara modern yang lebih maju dan mudah. Salah satu perkembangan tersebut dipakai pada sistem keamanan dan kerja perusahaan seperti mesin absen biometric. Apa itu mesin absen biometric? Jika sebelumnya mesin absen menggunakan kartu atau pin maka sekarang ini sudah bisa menggunakan anggota tubuh sebagai pengenalnya, tentunya yang sudah dimasukkan ke dalam database. Maka dari itu tingkat keamanan dan personal tiap orang akan berbeda. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihatnya berikut ini.

Pengertian

Biometric adalah proses identifikasi atau verifikasi yang menggunakan data dari bagian anggota tubuh tertentu misalkan sidik jari, wajah, retina mata, dan lain sebagainya. Faktor biologi ini yang membuat satu orang dengan orang lainnya akan berbeda sehingga tidak sembarangan orang bisa teridentifikasi. Ada banyak manfaat yang sudah diperoleh dari biometric ini seperti mesin absen, kontrol akses pintu, dan proses verifikasi lainnya. Itulah mengapa era teknologi sekarang ini sudah sangat maju. Cara tradisional memang tidak dipakai lagi karena masih banyak celah untuk diakali tetapi sudah tidak berlaku untuk alat canggih satu ini. Definisi mesin absen biometric memang sangat mengagumkan.

Cara Kerja

Cara kerja mesin absen biometrik sendiri dengan verifikasi terhadap anggota tubuh tertentu misalkan sidik jari atau wajah. Nantinya jika sidik jari atau wajah tersebut cocok dengan salah satu database yang sudah disimpan sebelumnya maka akan tampil verifikasi berhasil sebaliknya jika tidak cocok akan ada tampilan verifikasi gagal yang berarti pola tersebut tidak dikenali. Cara yang sama juga digunakan untuk akses kontrol pintu sehingga hanya pengguna yang sudah didaftarkan saja yang bisa memasuki tempat tersebut. Banyak aplikasi dari sistem biometric ini dalam kehidupan dan perannya juga sudah sangat penting.

Keuntungan menggunakan Mesin Absen Biometric

Beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dari sistem penggunaan mesin absen biometric ini adalah:

  1. Absensi yang tidak bisa diwakilkan oleh rekan kerja karena menggunakan bagian tubuh personal pekerja tersebut. Banyak celah dari mesin absensi lama karena faktor ini
  2. Lebih aman, karena pada dasarnya tidak sembarangan orang bisa memakainya. Kembali lagi ke poin sebelumnya karena sistem biometric hanya bisa dipakai orang tertentu saja.
  3. Lebih cepat dan responsif. Sama seperti alat mesin absen lainnya yang memiliki fungsi lebih cepat membaca dan lebih responsif sensornya. Anda tidak perlu menunggu lama agar proses verifikasi tersebut berhasil. Biasanya kebanyakan mesin absen biometric hanya berkisar 1 detik saja untuk merespons sidik jari.
  4. Mampu menyimpan banyak data sekaligus. Tidak hanya dari anggota tubuh saja (sidik jari, wajah, dll) tetapi juga bisa menggunakan cara tradisional seperti pin atau kartu. Kombinasi banyak metode ini memungkinkan pekerjaan yang lebih cepat lagi untuk mesin absen, jika metode pertama tidak bisa dilakukan maka masih ada metode lain yang bisa menjadi cadangannya.
  5. Lebih futuristik dan tampilannya lebih modern, berbeda dengan mesin absen sebelumnya dengan tampilan yang membosankan apalagi masih harus repot mengumpulkan data absensi secara manual.

Itulah informasi yang bisa dibagikan seputar definisi mesin absen biometric dan beberapa keuntungannya. Sekarang ini tidak hanya mesin absen saja yang dibuat menggunakan sistem biometric karena ada banyak implementasi peralatan lain yang menggunakan sistem yang sama. Anda bisa mengetahui apa saja produk biometric yang kami sediakan untuk mendukung manajemen dan keamanan perusahaan Anda.