Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Membuat surat lamaran kerja adalah hal yang mudah namun sangat menentukan keberhasilan anda dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Karena perusahaan atau instansi tertentu basanya menggunakan surat lamaran kerja anda sebagai bahan pertimbangan dalam menyeleksi calan karyawannya. Maka tak sedikit orang yang mencari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dapat memperoleh pekerjaan yang ia inginkan. Karena surat lamaran merupakan hal yang sangat penting baik bagi si pelamar maupun perusahaan atau instansi yang dilamar. Bagi si pelamar, surat lamaran merupakan alat untuk menyampaikan kemampuan, keterampilan dan kepribadiannya secara singkat kepada perusahaan atau instansi. Sedangkan bagi perusahaan atau instansi, surat lamaran ini bisa dijadikan acuan dalam menjaring dan menyeleksi calon karyawannya.

Contoh surat lamaran kerja yang benar adalah dengan memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut: 1) Memiliki ejaan, kata-kata, dan istilah tepat dan mudah dimengerti, sesuaikan dengan EYD; 2) terlihat rapi dan bersih; 3) ditulis tangan di folio bergaris menggunakan pulpen berwana hitam; 4) menyebutkan instansi yang dituju; 5) memiliki struktur surat yang baik, mulai dari paragraf pembuka, data pribadi singkat anda dan berkas yang anda lampirkan dan 6) tunjukan rasa percaya diri anda tanpa menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri. Mungkin dengan ciri-ciri diatas anda bisa sedikit membayangkan arah penulisan surat lamaran anda. Namun, ada banyak bentuk surat lamaran yang bisa menjadi acuan anda. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menginginkan surat lamaran tertentu. Jadi perhatikanlah syarat dan ketentuan yang diajukan oleh perusahaan atau instansi yang anda tuju.
Saran selanjutnya adalah pentingnya surat lamaran kerja yang berbentuk tulisan tangan. Karena pada dasarnya tulisan tangan anda bisa menjadi faktor penilaian kepribadian anda yang dilakukan oleh instansi atau perusahaan yang anda tuju. Bukan hanya pemerintah saja, namun juga beberapa perusahaan atau instansi akan menyewa grofolog yang akan membaca karakter anda melalui tulisan tangan di surat lamaran anda. Jadi, persiapkan surat lamaran terbaik anda agar dapat memunculkan karakter terbaik anda.