Cara Menyembuhkan Gatal-gatal Pada Anak Secara Alami

Cara Menyembuhkan Gatal-gatal Pada Anak Secara Alami – Berbagai masalah kulit yang seringkali dialami oleh anak adalah gatal-gatal. Bahkan jika penyakit kulit yang satu ini tidak segera ditangani akan berdampak berbahaya. Banyaknya bakteri yang menumpuk di bagian kulit menjadi faktor utama yang menyebabkan gatal-gatal kulit akibat kebersihan anak kurang terjaga. Selain itu, gatal-gatal juga bisa dipicu oleh alergi yang memang menyiksa.

 

Nah, apabila penyakit gatal-gatal kulit yang datang mendera, ada baiknya menggunakan obat tradisional yang bisa dijadikan solusi terbaik. pasalnya ragam tanaman herbal mampu bermanfaat untuk mengatasi penyakit gatal-gatal dengan cepat dan aman tanpa mengandung efek samping tertentu. Oleh karena itu ikuti tips di bawah ini mengenai cara menyembuhkan gatal-gatal yang terjadi pada anak secara alami dan tepat untuk diterapkan.

Cara Alami Mengobati Gatal-gatal Pada Anak

1.Menggunakan Lidah Buaya

Rasa gatal akan muncul akibat alergi tertentu seperti dingin atau debu yang mampu memicu bentol-bentol yang berisi cairan. Jika jenis gatal yang diderita seperti ini cobalah untuk menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya baik dimanfaatkan sebagai gatal-gata berair maupun kering. Anda pun cukup memotong lidah buaya dan oleskan caran ata gel lidah buaya ke bagian kulit anak yang sedang bermasalah. Simpan saja sisa potongan gel lidah buaya ke dalam frezzer untuk digunakan di hari berikutnya.

  1. Menggunakan Lemon dan Minyak Kelapa

Perpaduan antara lemon dan minyak kelapa bisa dibilang cara yang paling ampuh untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit anak. Adapun proses pengolahannya sangat sederhana, yakni dengan memeras jeruk lemon. Setelah itu, campurkan perasan menggunakan minyak kelapa. Barulah campuran kedua bahan tersebut dioleskan ke bagian kulit anak anda yang masih terasa gatal. Diamkan selama satu malam dan lakukan cara yang satu ini hingga gatal-gatal kulit sudah berkurang atau menghilang dengan sendirinya.

  1. Menggunakan Tanah Liat

Meskipun terdengar aneh karena penggunaan tanah liat mampu menghilangkan gatal di daerah kulit. Cara ini terbilang masih tradisional dan dapat mengatasi iritasi di bagian kulit dan rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan atau sengatan serangga. Cara kerja tanah liat adalah dengan menarik racun yang berada di kulit, sehingga rasa sakit atau gatal semakin berkurang. Hanya dengan mencampurkan tanah liat dengan air, sehingga berubah menjadi setengah lumpur, kemudian dibalurkan pada bagian kulit yang terasa gatal.

  1. Menggunakan Kunyit

Satu lagi obat gatal alami yang terbilang efektif adalah kunyit. Bahan dapur kunyit ini sudah sejak lama dipercaya bisa mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Pilihlah kunyit yang sudah tua dan tumbuk bersama dengan beberapa lembar daun sambiloto hingga menghalus. Sebelum ditumpuk pastikan kedua bahan tersebut telah dicuci bersih agar terhindar dari iritasi kulit. Barulah anda memberikan pada anak untuk dioleskan ke tubuh yang gatal.

Perlu diketahui jika anak anda memiliki kulit yang sensitif, biasanya ada kemungkinan kulit akan mengalami iritasi atau gangguan kulit lainnya apabila bahan obat tersebut tidak cocok dengan jenis kulit pada tubuh anak.

Source: Joovy Caboose Ultralight Stroller