Cara mencegah kanker dengan berpuasa secara rutin

Cara mencegah kanker dengan berpuasa masih belum diketahui oleh banyak orang. Selama ini orang menganggap bahwa kanker merupakan penyakit yang sulit untuk dicegah dan dihindari. Padahal hanya dengan berpuasa penyakit tersebut dapat dicegah.

cara mencegah kanker dengan berpuasaKanker dapat terjadi akibat sel-sel di dalam tubuh membelah dengan tidak terkendali, tidak terkoordinasi dan secara terus menerus tanpa mengikuti aturan normal. Ciri-ciri dari sel tersebut adalah tumbuh dengan cepat, tidak berkapsul, infiltratif diantara jaringan ikat disekitarnya, metastatis secara limfogen dan hematogen, walaupun sering dilakukan operasi untuk mengangkat sel-sel tersebut,  sel tersebut sering kambuh dan tumbuh kembali ( rsidif ). Banyak cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit kanker karena memang penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya dan penyumbang kematian terbesar di seluruh dunia. Banyak sekali faktor yang dapat memicu terjadinya kanker seperti penyinaran secara terus-menerus, terkena sinar UV terlalu lama, mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia secara berlebihan dan diet yang tidak sehat dengan menggunakan obat-obatan yang menimbulkan efek karsinogenik.

Cara mencegah kanker dengan berpuasa sudah terbukti efektif dengan adanya riset di University of Calivornia, Berkeley, Amerika Serikat.  Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa puasa adalah salah satu alternatif pencegahan kanker, karena dengan berpuasa dapat merubah kecenderungan sel untuk berubah menjadi sel kanker. Tetapi ketua riset ini Dr.Marc Hellerstein menyatakan bahwa masih terlalu cepat untuk digunakan sebagai salah satu upaya untuk mencegah kanker, tetapi jika dipikir secara teoritis tetap dapat diterima karena kanker disebabkan karena sel-sel tidak normal dibiarkan membelah diri dan berkembang tanpa kendali sehingga jika asupan kalori yang didapat dari makanan dikurangi dengan berpuasa maka energi yang tersedia untuk sel-sel tidak normal tersebut akan berkurang. Dengan demikian resiko terkena kanker pun akan berkurang.

Dan percobaan juga dilakukan pada dua ekor tikus dengan menyuntikan sel kanker, tikus yang satu dibiarkan makan seperti biasa dan yang satu lagi dipuasakan selama 4 hari dalam seminggu. Selang beberapa hari kemudian tikus yang diberi makan seperti biasa mati akibat kanker dan yang dipuasakan tetap hidup. Hal ini dapat disebabkan karena asupan kalori akan berkurang sebanyak 5% jika pada manusia setara dengan 100 kalori per hari sehingga dapat menurunkan pembelahan sel hingga 1/3 dari kecepatan normal.
Cara mencegah kanker dengan berpuasa dapat dijadikan salah satu pola hidup sehat bagi anda, agar terbebas dari penyakit yang berbahaya. [Sumber : KlatenHerbal.com/]