Bagaimana Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Bagaimana Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar – Bahaya susah buang air besar adalah bisa menyebabkan perut kembung. Beberapa obat memang mengandung zat yang bisa meningkatkan masalah susah BAB. Lidah buaya menyimpan gel yang multi-manfaat, baik untuk kecantikan ataupun kesehatan. Namun, tidak demikian halnya bagi mereka yang mengalami susah buang air besar. Wanita yang sering melahirkan akan membuat otot panggulnya lemah.

Yang disebut saluran cerna bawah terdiri dari usus halus bagian bawah ( jejunum dan ileum ), usus besar, dan dubur, sehingga bila ada gangguan pada salah satu bagian di atas maka gejala sembelit dapat muncul. Serat merupakan elemen penting untuk menyehatkan sistem pencernaan. Sembelit adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi. Serat menjadikan feses lebih banyak dan lunak, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Tertarik untuk mencoba? Ada begitu banyak perubahan hormon dan diet, ditambah efek stres pada sistem enterik dapat ikut bermain, kata Karlitz. Penyakit gagal ginjal adalah jenis penyakit yang terjadi pada bagian ginjal yang mengalami masalah. gangguan ini dapat muncul secara primer yang berarti karena memang ada penyakit atau kelainan pada saluran cerna bawah atau secara sekunder karena kebiasaan yang salah dan stress atau adanya penyakit sistemik yang diderita. Termasuk mengubah pemprosesan makanan di usus. Yang umumnya, penyakit susah bab ini, bisa terjadi pada siapa saja, dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman.

Baca juga : arti mimpi buang air besar

Susah buang air besar Jenis bahaya inilah yang harus diwaspadai bagi penderita susah bab. Konstipasi dapat dialami ibu hamil karena selama kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormon progesteron yang efeknya dapat mengendurkan otot sehingga menyulitkan otot usus untuk berkontraksi. Sebab, ada efek samping dari zat stimulan yang dihasilkan oleh kafein pada kopi, yakni efek diuretik dengan mengambil cairan tubuh dalam proses buang air kecil yang frekuensinya lebih sering. Kadang, hipotiroidisme adalah penyebabnya, ucap Karlitz.

Namun, menunda-nunda untuk buang air besar ketika ada desakan untuk melakukannya, justru berisiko mengundang konstipasi. Dengan kata lain, bersegeralah dalam menjawab panggilan alam ini. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh serta kebersihan makanan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit susah bab.