7 Makanan Orang Hamil Yang Wajib Dikonsumsi

Agar janin tumbuh dengan sehat, para ibu biasanya akan melakukan hal yang tidak beresiko untuk kesehatan janin, terutama mengenai makanan yang baik untuk tumbuh kembang janin. Makanan yang bergizi sangat mempengaruhi perkembangan janin dan ibu hamil tersebut. Kandungan yang di dapat bayi harus seimbang, yang artinya makanan tersebut harus dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan, baik dari kualitas, kuantitas dan segi jenis. Walaupun sang ibu makan banyak, tetapi tidak mengandung unsur-unsur gizi yang cukup maka akan percuma saja, dan kurang optimal untuk kesehatan bayi.

Jenis Makanan Orang Hamil

Untuk ibu hamil muda periode pertama sampai kedua membutuhkan makanan yang mengandung kalori sebanyak 2000 kalori per hari. Sedangkan untuk periode ketiga sebaiknya jumlah kalorinya di tambah 200 kalori per hari, dan sehingga total makanan yang mengandung kalori berjumlah 2200 kalori per hari.

Jenis makanan yang baik untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan adalah makan 10% kalori dari protein, dari lemak sebesar 35% , dan 55% dari makanan yang mengandung karbohidrat. Di samping makan yang berkalori, ibu hamil juga mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, kalsium, vitamin A, B, dan C, magnesium, folat, seng, dan selenium.

Mengenai jenis makanan orang hamil, terdapat beberapa prioritas di setiap periodenya. Berikut ini jenis makanan yang bergizi untuk ibu hamil di setiap periodenya.

Makanan Orang Hamil Untuk Periode Awal.

makanan orang hamil

  • Pisang.

Pisang sangat baik untuk di konsumsi ibu hamil, karena dapat mengurangi rasa mual yang bisanya terjadi di awal-awal kehamilan (1-3 bulan pertama). Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang cukup tinggi (dapat mengurangi morning sickness),dan juga mengandung serat yang tinggi, vitamin C,asam folat, dan potassium.

  • Sayur bayam.

Sayuran hijau ini baik untuk ibu hamil, karena mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat berguna untuk mencegah lahir pada otak dan sumsum tulang belakang (cacat tabung saraf). Kandungan bayam selain asam folat adalah vitamin A, C, K,mangan, besi dan serat.

  • Kacang- kacangan.

Protein dan serat terkandung dalam kacang- kacangan, dan karena hal itu, ibu hamil harus mengkonsumsi kacang untuk dapat menghilangkan konstipasi. Sekitar 40% ibu hamil akan mengalami konstipasi selama kehamilan. Penyebab terjadinya konstipasi meliputi rahim mengalami tekan yang besar, hormon progesteron akan membuat gerak pencernaan menjadi lambat, dan juga kacang mengandung zat besi dan kaya asam folat.

Makanan Orang Hamil periode II.

  • Telur.

Kuning telur mengandung kolin, nutrisi yang paling penting untuk perkembangan otak janin, di samping meningkatkan otak ibunya. 450 mg choline wajib di dapatkan ibu hamil setiap harinya, dan jika anda termasuk vegetarian atau tidak menyukai telur , dapat di ganti dengan daging sapi, susus, kacang kedelai.

Buah alpukat.

Alpukat dapat melindungi jantung, karena kandungan vitamin K, C, B6, asam folat, kalium, serat yang terdapat dalam buah alpukat dan juga diperkaya dengan lemak tak jenuh yang sehat. Selain menjaga jantung buah alpukat juga bisa membantu pertumbuhan janin, dan pertumbuhan otak bayi.

Makanan Orang Hamil periode III.

  • Buah pepaya.

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini penuh dengan vitamin C, asam folat, serat, potassium. Pepaya bagus untuk menghilangkan konstipasi yang sering terjadi di periode ke III, namun ibu hamil hanya boleh makan pepaya matang, di karenakan pepaya yang masih mentah banyak mengandung pepsin (resin dari pohon pepaya), yang dapat menyebabkan kontraksi.

  • Lemak pada ikan.

Lemak pada ikan kaya akan asam omega 3 yang dapat menguatkan kesehatan otak dan membantu kesehatan jantung. Batas aman ibu hamil untuk makan ikan hanya sampai 12 ons per minggu.

Sebelumnya kami juga mengingatkan anda bahwa jenis makan yang di atas hanya berupa saran. Tetapi anda harus ko dokter terlebih dahulu, karena biasanya ibu hamil memiliki beberapa alergi terhap makanan.

Sekian dari kami infokan tentang makan untuk ibu hamil dari awal kehamilan sampai menjelang proses persalinan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.