6 Game Android dan iOS Untuk smartphone

Selain fungsi utama dari smartphone mendengar musik atau menonton film, sebaiknya siapkan juga sejumlah game untuk dimainkan di smartphone dengan beberapa aplikasi yang mungkin anda butuhkan untuk menemani anda untuk mengurangi kejenuhan dalam beraktifitas.

Ada dua kategori game yang ada di smartphone berbasis Android dan iOS. Pertama adalah game yang hanya bisa dimainkan dengan menggunakan jaringan internet. Kategori kedua merupakan game yang tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali.

6 Game Android dan iOS Untuk smartphone

Kategori ini penting untuk diingat. Jangan sampai, Anda tidak bisa memainkan satu game tertentu karena ternyata membutuhkan koneksi internet. Pasalnya, ada titik-titik tertentu di jalur mudik yang hanya mendapat sinyal seluler tanpa internet. Ada juga yang mendapat koneksi internet tapi lelet.

Untuk mempermudah pemilihan, berikut ini akan kami rangkum sejumlah judul game android rpg yang bisa dimainkan offline atau online. Ada game yang memang berbayar, ada juga bisa diunduh gratis.
1. Kingdom Rush

Permainan ini bisa diunduh gratis melalui iOS App Store di tautan ini atau Google Play Store di tautan berikut ini. Game yang satu ini bisa dimainkan tanpa koneksi internet.

Selain seri yang gratis, ada juga Kingdom Rush Origins dan Frontier yang bisa diunduh dengan biaya tertentu. Keduanya memiliki gaya permainan yang sama, yakni tower defense.

Sebagai gambaran, Anda bertugas untuk mendirikan menara-menara pertahanan dan menghalau musuh melewati titik tertentu. Serangan musuh terjadi dalam gelombang demi gelombang. Jika berhasil menghalau seluruh gelombang, maka Anda akan menang.

Memainkan Kingdom Rush di perjalanan mudik akan membuat Anda asyik sendiri, sehingga seolah lupa panjang dan macetnya perjalanan.

2. Heads Up

Permainan tebak kata ini bisa dimainkan tanpa koneksi internet dan cocok untuk berdua atau beramai-ramai. Jika Anda mudik dengan keluarga atau memiliki kawan seperjalanan, unduhlah permainan sebelum memulai perjalanan.

Bentuk permainannya sederhana, Anda diminta untuk memilih tema lalu meletakkan ponsel di dahi. Hadapkan layar ke arah kawan sepermainan Anda.

Selanjutnya, layar ponsel akan menunjukkan sebuah kata secara acak. Kawan sepermainan yang melihatnya diminta untuk memberikan petunjuk sehingga Anda bisa menebak kata-kata itu dengan tepat.

Setiap ronde permainan memiliki batas waktu tertentu. Setelah habis, maka akan diperlihatkan kata-kata apa saja yang berhasil dijawab dan tidak berhasil dijawab.

Hal paling menariknya adalah Heads Up menggunakan kamera depan untuk merekam kawan sepermainan yang sedang berusaha memberi petunjuk kepada Anda. Hasil rekaman itu pun bisa disimpan atau dibagikan ke media sosial.

Heads Up bisa diunduh gratis oleh di iOS melalui tautan ini dan Android melalui tautan ini. Bila Anda mulai bosan dengan tema yang sudah disediakan, Anda juga bisa membeli tema baru.

3. Final Fantasy Series

Final Fantasy series (mulai dari I hingga IX) sudah ada dan bisa dimainkan menggunakan smartphone Android dan iOS. Harga masing-masing judul gamenya memang mahal, mulai dari Rp 150.000 ke atas.

Karena merupakan genre RPG, maka game ini selalu menawarkan peran dan cerita dalam masing-masing judulnya. Cerita tersebut pun cukup panjang sehingga tak akan membosankan untuk dimainkan.

Pengguna bisa mencari dan mengunduh Final Fantasy Series melalui Google Play Store di melalui tautan berikut atau iOS di tautan berikut.

4. Battle Bay

Sesuai dengan namanya, Battle Bay menawarkan pertempuran kapal tempur yang dilakukan di sebuah teluk. Pemain bisa memilih satu dari empat jenis kapal yang tersedia dan memasanginya dengan bermacam senjata.

Satu yang perlu diingat, pertempuran di Battle Bay dilakukan seara real-time sehingga pengguna membutuhkan koneksi internet yang bagus. Pasalnya jika koneksi internet mendadak jelek, maka kapal yang sedang digunakan untuk bertempur bisa lag.

Agar mudik jadi lebih menyenangkan, ajaknya kawan mudik untuk bertempur bersama di Battle Bay. Anda bisa mengajak satu orang untuk fleet up dan sama-sama masuk ke sebuah pertempuran.

Game ini dibuat dan dikembangkan oleh Rovio, developer yang terkenal dengan franchise Angry Birds.

Battle Bay bisa diunduh melalui Google Play Store atau melalui tautan berikut ini.

5. Clash Royale

Permainan ciptaan Supercell ini mengambil tema pertempuran kastil player lawan player, dengan tokoh-tokoh yang berasal dari game Clach of Clans. Gameplay-nya sederhana, pemain cuma diminta menghancurkan kastil milik lawan sebelum waktu yang ditentukan habis.

Pemain membutuhkan koneksi internet agar bisa memainkan game ini. Koneksi tersebut pun mesti kencang supaya tidak terjadi lag sama sekali.

Game ini tersedia secara gratis. Akan tetapi, pemain bisa menggunakan uang untuk lebih cepat mendapatkan karakter tertentu atau membuka peti kartu.

Bila ingin mengunduh Clash Royale sebelum mudik, carilah melalui Google Play Store melalui tautan berikut ini atau iOS App Store di tautan berikut ini.

6. Mobile Legends

Game ini merupakan permainan genre multiplayer online battle arena (MOBA), mirip seperti DOTA. Pemain Mobile Legends bakal masuk ke dalam sebuah tim yang terdiri dari 5 pemain dan diminta untuk mengalahkan tim lain yang juga terdiri dari 5 pemain lainnya.

Mobile Legends membutuhkan koneksi internet yang lancar agar permainan tidak mengalami lag. Jika ingin mengunduhnya, pengguna bisa mencari game ini di Google Play Store melalui tautan berikut ini atau iOS di tautan berikut.